Metro,Harian Koridor-.Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam Pemilu Legislatif (Pileg) di Kota Sai Bumi Wawai ini. 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul dengan perolehan 5 kursi legislatif dan besar kemungkinan menjadi ketua dewan. Sementara itu PKS dan NasDem berhak menduduki wakil ketua 1 dan 2.

Berdasarkan data yang dari form model D. Hasil Kabko-DPRD Kabko, terdapat 25 Caleg yang bakal duduk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro.

Ke-25 Caleg tersebut berasal dari 7 Partai Politik (Parpol) di Kota Metro. Yang mana PDIP memimpin dengan perolehan 5 kursi legislatif. Lalu disusul dengan PKS sebanyak 4 kursi ditempel ketat NasDem dengan 4 kursi legislatif. Perbedaannya jumlah total suara yang berhasil direbut dalam 4 Davil dikota Metro.

Kemudian Golkar dengan 4 kursi, lalu Demokrat dengan 3 kursi legislatif dan PKB dengan 3 kursi serta terakhir ialah Partai Gerindra dengan perolehan 2 kursi legislatif.

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama menjelaskan bahwa rekapitulasi 4 pemilihan di Metro telah selesai dan telah di laporkan ke KPU Provinsi Lampung, sekarang terus berproses di MK.

“Alhamdulillah KPU Kota Metro sudah melakukan proses rekapitulasi perolehan perhitungan suara untuk 4 pemilihan. Semuanya selesai dan alhamdulillah sudah melaporkan semua proses itu ke KPU Provinsi, dan telah memasuki tahapan final di MK,” kata dia saat konfirmasi kantornya, Selasa (21/05/2024)

“Proses penetapan calon terpilih, baik itu Presiden sampai dengan DPRD tingkat Kota Metro tentu melalui mekanisme. Kami sudah menyelesaikan rekap tingkat kota. Tapi kami masih menunggu proses rekap di tingkat lebih tinggi, sekarang sudah masuk ketahapan di MK,” imbuhnya.

Ia menerangkan, usai proses rekapitulasi di tingkat Kota dan provinsi, selanjutnya rekapitulasi akan dilakukan pada tingkat nasional. Tinggal menunggu hasil keputusan MK.

“Setelah itu baru secara nasional akan direkap, setelah itu tentu ada proses mekanisme yang lain. Nantinya kita masih menunggu putusan MK, pas penetapan rekap itu kan MK berproses ya, ada atau tidaknya gugatan di masing-masing wilayah,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Septa tersebut juga meminta seluruh peserta pemilu dan masyarakat dapat bersabar menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Jika tidak ditemukan gugatan, KPU baru akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan calon anggota legislatif yang bakal dilantik.

“Kalaupun misalnya di kabupaten kota itu tidak ada gugatan, maka MK juga akan mengeluarkan SK bahwasanya ini bisa ditetapkan. Kalau nanti dalam prosesnya ada gugatan, pasca lima hari setelah putusan KPU nasional, maka kami juga belum bisa menetapkan sehingga prosesnya harus selesai dulu di MK,” ungkapnya.

Dirinya juga menginformasikan bahwa terdapat tiga Parpol di Metro yang memperoleh suara terbanyak. Tiga Partai tersebut ialah PDIP, PKS dan NasDem.

“Sementara dari hasil kemarin data yang kita input memang ada partai PDIP, PKS dan NasDem yang cukup tinggi. Tapi kita belum bisa sampaikan karena masih berproses berapa kursi pembagiannya,” terangnya.

“Karena itu nanti akan dijawab pada proses penetapan. Untuk sementara perolehan suara paling besar tiga partai tersebut,” sambungnya.

Menanggapi beredarnya informasi terkait data 25 Caleg yang diprediksi bakal duduk sebagai anggota DPRD Kota Metro, Septa mengimbau agar masyarakat dapat bersabar menunggu keputusan resmi dari KPU, dan MK

“Saya mohon kepada teman-teman semua, baik itu partai politik, masyarakat dan termasuk caleg-caleg untuk bersabar. Mekanisme ini kan masih cukup panjang artinya dari kota kemudian ke provinsi dan nasional,” bebernya.

“Nanti pada proses penetapan lah kita ketahui siapa-siapa partai dan mendapatkan berapa kursinya serta siapa saja yang duduk itulah yang akan kami tetapkan,” lanjutnya. (Husni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *