Lampung Barat,Harian Koridor.com-Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 dengan tema Tuntas Kelola Sampah Untuk masyarakat. Pekon padang Dalom kecamatan Balik Bukit Lampung Barat ajak masyarakat setempat bersih-bersih lingkungan. Jum’at (24/02/2023)

Peratin Pekon Padang Dalom dan Segenap elemen seperti TNI-Polri, perangkat Pekon Padang Dalom tampak bergotong-royong bersama warga untuk merapikan bahu jalan protokol Pekom maupun membersihkan saluran drainase.

Disampaikan Peratin Pekon Padang Dalom, “bahwa HPSN tahun ini diharapkan menjadi momentum bagi semua pihak untuk lebih peduli terhadap sampah dan kebersihan lingkungan.

“Dengan bertambahnya jumlah penduduk maka sampah menjadi salah satu masalah utama di dunia, terlebih lagi sampah plastik. Untuk itu perlu keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaannya demi anak cucu kita,” jelasnya.

Lanjut peratin Endra kebersihan lingkungan sangat penting terutama untuk mencegah bahaya banjir di musim penghujan, mencegah berbagai penyakit terutama lewat perantaraan nyamuk, dan untuk kerapian lingkungan.

Kemudian jika saluran pembuangan air lancar maka badan jalan juga akan awet karena aspal tidak tergenang air.

“Kegiatan ini juga merupakan edukasi bagi warga agar lebih peduli terhadap lingkungannya. Jika lingkungan itu bersih, maka sudah jelas menunjukkan bahwa kepedulian/respek masyarakat disitu tinggi,” tegasnya.

Dengan kerja bakti seperti itu diharapkan pula menjadi ajang untuk lebih mempererat silaturahmi antar warga, warga dengan perangkat Pekon, dan juga warga dengan TNI-Polri maupun unsur lainnya.

Sementara itu salah satu warga, menyatakan senang karena depan rumah dan lingkungannya jadi bersih.

Menurutnya, kerja bakti seperti itu agar rutin diagendakan oleh pihak Pekon dan bukan hanya saat jelang perayaan HPSN saja. Pasalnya, manfaatnya sangat banyak.”tuturnya.
[24/2 16.32] Lia Lambar: Peringati HSPN Forkopimcam Kecamatan Batu Ketulis Gotong Royong Pembersihan Sampah

Hari Peduli Sampah Nasional, Forkopimcam Kecamatan Batu Ketulis Kabupaten Lampung Barat Gelar Bersih Sampah.Guna mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan serta dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Forkopimcam Kecamatan Batu Ketulis  bersama unsur relawan dan ormas serta masyarakat setempat melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan sampah, jum’at 24 Februari 2023.

Selain itu kegiatan yang bertempat di jalan lintas Kecamatan Batu Ketulis Kabupaten Lampung Barat tersebut dihadiri oleh Camat Batu Ketulis, Sekretaris Kecamatan Batu Ketulis, Peratin, dan seluruh jajarannya, diikuti oleh perwakilan dari Relawan, Ormas dan karangtaruna.

Camat Batu Ketulis Sri Handayani menuturkan. Kegiatan pembersihan sampah ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Serta untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah guna menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

“Hari ini seluruh perwakilan pemerintah daerah kabupaten Lampung Barat serta pemerintah kecamatan juga dari perwakilan ormas, relawan dan karangtaruna yang ada di wilayah Kecamatan Batu Ketulis Bergotong royong melaksanakan pembersihan sampah dan membersihkan rumput di sisi jalan yang berada di sekitar jalan lintas atau pun di sekitar kecamatan, ujar Sri.

Sedangkan kegiatan ini sendiri, kata Sri, terlaksana dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Serta sebagai bentuk kepedulian untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan guna membersihkan saluran air untuk mengantisipasi adanya potensi bencana. Yang diakibatkan adanya sumbatan pada saluran air pada saat hujan datang,” jelas Sri.

Camat Batu Ketulis mengapresiasi kegiatan itu. Karena selain gebyar membersihkan lingkungan juga dalam rangka membiasakan masyarakat bergotong royong dan bekerja sama.

“Ya kami ucapkan terimakasih kepada TNI Polri dan unsur relawan dan ormas yang ada di kecamatan Batu Ketulis atas kerjasamanya membersihkan sampah. Semoga kegiatan ini tidak hanya momen HPSN tetapi dirutinkan setiap seminggu sekali,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *