Metro, Harian Koridor.com-Walikota dan Wakil Walikota Metro menyambut kunjungan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI), dr. Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) ke Kota Metro. Acara kunjungan ini dipusatkan di SMP Negeri 1 Metro kemudian dilanjutkan Ekspose Program Kerja di Guest House Walikota Metro, senin (6/02/2023).

Hasto Wardoyo mengatakan Persoalan stunting menjadi isu nasional yang harus ditangani serius oleh berbagai pihak. Dan pesannya, melalui program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dari BKKBN RI yang apabila diterapkan di seluruh sekolah di Bumi Pertiwi, mampu mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pasalnya, sasaran pada SSK adalah pelajar SMP dan SMA yang merupakan calon penerus bangsa.

“Mulai sekarang mereka harus punya kesadaran yang tinggi. Tadi saya lihat kesadaran mereka sudah bagus untuk menyiapkan generasi emas itu,” kata Hasto. Pihaknya juga menilai Kota Metro bisa menjadi role model Program SSK BKKBN RI.

Selain mewujudkan Indonesia Emas 2045 karena sasarannya pelajar, Program SSK juga mampu mengatasi masalah stunting di Indonesia. Sehingga pentingnya menjadi kurikulum di sekolah.

Selanjutnya Walikota Metro memberikan sambutan selamat datang dalam ekspos Program Kerja di Guest House Rumah Dinas Walikota.

Dalam sambutannya wahdi memaparkan Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (JAMA-PAI) dalam bentuk a collaborative model framework dalam inovasi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kesehatan Ibu dan Anak, Menurunkan AKI/AKB dan cegah Stunting.

“Ini merupakan pokok bagaimana mempersiapkan bagaimana fasilitas paling dasar yang menyentuh masyarakat,” ujarnya.

Ia juga memaparkan bahwa Kota Metro sudah mempunyai aplikasi MEWS 2 Modifikasi Wahdi, dimana aplikasi Maternal Early Warning Score and Stunting ini akan mampu menurunkan angka stunting pada tahun 2024 sebesar 6,2 %.

Wahdi juga melaporkan bahwa, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kota Metro mendapatkan penghargaan berkelanjutan 5 Kabupaten/Kota terbaik katagori suplly creation tahun 2021.

“Dari sekian Kabupaten/Kota kami pertama kali mendeklarasi STBM dan alhamdulillah kami mendapatkan 3 penghargaan STBM,” katanya.

Di akhir sambutannya wahdi memberikan cendramata yang merupakan simbol ikon Kota Metro kepada Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI), Hasto Wardoyo sebagai rasa terimakasih atas kunjungan nya di Kota Metro yang kita cintai ini.(kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *