Jabar, Harian Koridor.com-Penjabat (Pj.) Bupati Pringsewu Adi Erlansyah beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Pringsewu menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2023 di Sentul International Convention Centre (SICC) Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/01).

Rakornas bertema ‘Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi’ yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri ini dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, diikuti sebanyak 4.545 peserta, terdiri dari para kepala daerah baik gubernur, bupati maupun walikota beserta jajaran forkopimda, serta dihadiri para pejabat tinggi negara.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi Covid-19 di tanah air dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

“Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan kita kendalikan dengan baik, dan stabilitas ekonomi juga bisa kita manage, kita pertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” katanya.

Presiden Jokowi mencontohkan, tingkat vaksinasi Covid-19 di Indonesia mencapai 448 juta dosis suntikan. Diakui presiden bahwa penyuntikan ratusan juta dosis vaksin tersebut bukan pekerjaan mudah, akan tetapi hal tersebut dapat dilakukan karena dukungan berbagai elemen bangsa.

“Tetapi karena TNI juga ikut, Polri juga ikut, seluruh gubernur, bupati, wali kota, sampai ke tingkat RT RW semuanya ikut, itu yang menyebabkan kita bisa menyelesaikan Covid-19 dengan baik,” ujarnya.

Jokowi juga meminta para gubernur, bupati, dan walikota bersama-sama dengan Bank Indonesia untuk terus memantau pergerakan harga barang dan jasa yang ada di lapangan, utamanya harga bahan pokok, serta berhati-hati dalam menetapkan tarif yang diatur oleh pemerintah daerah, karena hal itu dapat memicu terjadinya inflasi.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 lalu kolaborasi antara instansi pusat dan daerah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air, dimana tingkat inflasi juga terkendali dengan baik.

Mendagri berharap melalui Rakornas yang terbagi dalam empat panel ini dapat memberikan masukan dan arahan tentang langkah aplikatif yang harus dikerjakan oleh daerah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *